Sabtu, 12 Januari 2013

TOWI-TOWI,LAGU LEGENDARIS NIAS



Lagu ini berjudul Towi-Towi. Towi-towi adalah nama salah satu jenis burung yang kicauannya bagus.(maaf nama ilmu pengetahuannya kurang faham)

Lagu ini sudah cukup lama. Diciptakan oleh Piet Harefa, salah seorang musisi ternama di Nias dengan lagu-lagunya yang bertema adat Nias. Sekalipun lagu ini sudah lama, sampai sekarang toh masih digemari anak-anak Nias, baik yang ada di Nia maupun di luar Nias.

Lagu ini bercerita tentang betapa gelisahnya seorang gadis Nias yang sudah dipinang oleh seorang calon suami. Pada masa yang lalu, pinangan dilakukan tidak berdasarkan suka-sama suka antara si gadis dan calon suaminya. Pada masa yang lalu tidak ada masa-masa pacaran. Si gadis dinikahkan oleh orang tuanya dengan cara dijodohkan.

Dalam lagu ini dikisahkan bahwa kedua belak pihak keluarga  sudah saling setuju. Salah satu tandanya ialah pihak laki-laki telah memberikan tanda pinangan berupa sebentuk emas. Tapi sekalipun demikian belum ada tanda-tanda kepastian realisasinya dari pihak laki.

Berkicaunya burung "Towi-Towi"  di pagi hari membuat si gadis bertanya apakah itu pertanda baik. Apakah Towi-towi membawa kabar baik dari pihak laki-laki bagi keluarganya. Atau jangan2 ada orang yang menjelek-jelekkan keluarganya kepada pihak keluarga laki-laki tentang tingginya derajat adat keluarga si gadis yang berakibat pada besarnya jujuran (mahar, biaya) pernikahan. Sebab di Nias dalam sebuah pernikahan pihak laki-lakilah yag menanggung seluruh biaya pernikahan.

Konsekuensi posisi adat dalam bentuk biaya pernikahan itu disesali oleh sang gadis. Ia mengeluh kepada orang tua yang mendidik dan membesarkannya, jangan-jangan hal itu nantinya membuat mereka menderita. Sebab diyakini bahwa biaya itu semua bukanlah uang atau emas dari keluarga milik pihak laki-laki secara cash. Pasti ada pinjaman dari pihak lain yang tentu akan mereka ganti setelah mereka menikah kelak.

Selamat menikmati.

Tidak ada komentar: